TUGAS EKONOMI MONMAAP OOT


Nama: Aprio Dita Aulia
Kelas: X ipa 6
Absen: 12

Soal:
1 ) Apa yang melatarbelakangi lahirnya OKJ?
2 ) Jelaskan kenapa resiko meninggal dunia dapat diasuransikan? Padahal syarat resiko yang dapat diasuransikan harus mengandung unsur ketidakpastian. Bukankah setiap manusia pasti mengalami kematian atau meninggal dunia?
3 ) Mengapa kehadiran pegadaian di tengah masyarakat penting? Apa tujuannya?
4 ) Usaha apa yang kamu lakukan agar masa pensiun kamu sejahtera?
5 ) Apa yang membedakan perusahaan pembiayaan dengan pegadaian, asuransi dan bank?

Jawaban:
1 )  - Undang-undang nomor 21 tahun 2011
      -adanya kebutuhan untuk melakukan penataan kembali lembaga-lembaga yang melaksanakan fungsi pengaturan dan pengawasan di sektor jasa keuangan
      - terciptanya industri keuangan yang sangat kompleks, dinamis, dan saling terkait saat ini.
      -Perlindungan Konsumen, dimana permasalahan di industri jasa keuangan yang semakin beragam, antara lain meningkatnya pelanggaran di bidang jasa keuangan dan belum optimalnya perlindungan konsumen jasa keuangan, mendorong diperlukannya fungsi edukasi, perlindungan konsumen, dan pembelaan hukum.
2 ) Yang dikatakan tidak pasti disini adalah resiko yang akan dialami jika seseorang tersebut meninggal. Khususnya resiko dari segi finansial individu tersebut. Meninggal dunia atau kematian seseorang juga memenuhi salah dua syarat hal-hal yang dapat diasuransikan. Yang pertama bersifat tidak dapat diprediksi (kematian tidak dapat diprediksi waktu tepatnya walau pasti terjadi), dan yang kedua adalah bersifat homogen/ umum (kematian pastilah dihadapi semua orang. Maka dari itu kematian seseorang dapat masuk menjadi salah satu resiko yang dapat diasuransikan oleh badan asuransi.
3 )  Amat penting. Karena pegadaian memberikan layanan peminjaman dana dengan agunan kepada masyarakat dengan proses pengerjaan yang relative jauh lebih cepat dan mudah. Tidak lebih dari dua puluh menit masyakat dapat memperoleh dana pinjaman saat itu juga. Prosesnya juga tidak berbelit-belit dan tambahan dananya terbilang cukup kecil. Sehingga pegadaian dapat disentuh hampir seluruh lapisan masyarakat secara ekonomi. Besar pinjaman berkisar antara lima puluh ribu sampai lima ratus juta keatas. Hal itupun menjadi faktor bahwa pegadaian dapat menciptakan keuntungan di kedua belah pihak.
4 ) 1.Memulai kebiasaan menabung dan berinvestasi (materiil dan non-materiil).
         Menabung dapat dimulai dengan menyisihkan uang saku harian. Investasi dapat dilakukan dengan beragam cara. Baik secara materiil maupun non materiil. Investasi materiil (financial) contohnya investasi emas satu hingga dua gram sesuai kemampuan. Investasi non-materiil dapat berupa ilmu-ilmu yang berkaitan dengan kebutuhan yang akan datang. Contohnya ilmu pengaturan uang dan pendapatan, mengikuti seminar-seminar motivasi, workshop financial dan kegiatan bermanfaat lainnya.
      2. Belajar berwirausaha
         Belajar berwirausaha dapat berupa berjualan kecil-kecilan di sekolah dan kepada teman dekat. Selain dapat menambah penghasilan yang digunakan untuk menanbung dan memenuhi kebutuhan sekolah, saya juga akan mendapat ilmu-ilmu yang kadang tidak terdapat di sekolah. Contohnya ilmu tentang bagaimana cara melayani konsumen dengan baik, cara mengemas penjualan dan promosi dengan efektif, melatih kesabaran dan kekuatan mental serta memperluas wawasan financial.
      3. Membuat goals atau hal-hal yang ingin dicapai dengan jelas dan pasti.
         Hal ini sangat penting dilakukan agar diri kita tersugesti dengan keberhasilan kita di masa yang akan dating, dapat juga menambah motivasi untuk terus belajar menjadi pribadi yang lebih dan semakin baik kedepannya. Goals harus disusun dan dilaksanakan tahap demi tahap dengan matang dan konsisten tentunya.
      4. Berasuransi
         Saya akan belajar dan memulai asuransi saat sudah memenuhi kriteria. Hal ini saya lakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak saya inginkan di masa depan. Dimana dampaknya bukan berimbas ke saya saja. Tapi juga orang-orang disekitar saya.
5 )- Badan pembiayaan :lembaga altenatif dalam hal pembiayaan
      yang juga potensial dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional dan membantu
      masyarakat yang membutuhkan dana atau barang modal untuk kegiatan produktif
      maupun konsumtif. Lembaga
      -Pegadaian: merupakan kegiatan menjaminkan barang-barang berharga kepada pihak tertentu, guna mendapatkan sejumlah uang senilai barang yang dijaminkan yang akan ditebus sesuai dengan kesepakatan antara nasabah dengan lembaga gadai.
      -Asuransi: suatu perjanjian antara tertanggung (nasabah) dengan penanggung (perusahaan asuransi) dimana pihak perusahaan asuransi bersedia menanggung sejumlah kerugian yang mungkin akan timbul dimasa mendatang, setelah nasabah menyepakati pembayaraan uang yang disebut premi.
      -Bank: Adalah lembaga yang berfungsi menghimpun dana masyarakat dan menyalurkan kembali pada masyarakat untuk tujuan yang bermacam-macam atau yang biasa dikenal dengan fungsi Financial Intermediary..

Comments

Popular Posts