Seperti diketahui bahwa bangsa Arab telah memulai perjalanan dagangnya melalui Asia Tenggara pada abad ke-7 M. Dan pada abad selanjutnya (abad 8 M) banga Arab mulai memasuki wilayah kepulauan Indonesia.


Nama: Apriodita Aulia
Kelas: X IPA 6
Absen: 12
     Seperti diketahui bahwa bangsa Arab telah memulai perjalanan dagangnya melalui Asia Tenggara pada abad ke-7 M. Dan pada abad selanjutnya (abad 8 M) banga Arab mulai memasuki wilayah kepulauan Indonesia. Hal ini bukan dikarenakan keinginan murni bangsa Arab untuk memasuki Indonesia pada saat itu, melainkan kepulauan Indonesia hanya dijadikan wilayah transit bagi mereka untuk bertolak ke Cina. Hal ini amat bersangkutan dengan masa jayanya Dinasti Abbassiyah pada 750 M sampai 1258 M.
     Walau hanya dijadikan wilayah transit, namun Kepulauan Indonesia menjalin hubungan yang baik dan erat dengan pedagang Arab, hal ini semakin didorong oleh tertolaknya banga Arab di ina (adanya pelarangan masuk dan penghancuran koloni pedagang Arab oleh Cina) . Hubungan perdagangan antara bangsa Arab dan Nusantara berlangsung semakin erat dan menghasilkan pelabuhan-pelabuhan baru di beberapa wilayah di Nusantara.
     Keberhassilan hubungan ini rupanya membawa manfaat lain, yaitu terebarnya ajaran-ajaran Islam yang dibawa oleh pedagang Arab pada Nusantara. Interaki yang dapat dikatakan cukup intens rupanya mampu membuat ajaran-ajaran Islam masuk ke Nusantara dengan mudah. Penyebaran ajaran terebut berproses dan berkembang dengan baik melalui jalur-jalur tertentu . Islam pun masih tetap berkembang di Indonesia sampai hari ini.
     Terdapat faktor-faktor yang membuat Islam menjadi “menarik” bagi rakyat Nuantara pada saat itu, beberapa factor sudah dikemukakan oleh Anthony Reid eperti keefesienan cara beribadah, kekuatan dan kejayaan islam pada sssaat itu, juga kejelasan mengenai dunia moral dan baik-buruknya suatu perilaku, kesetaraan di mata Tuhan dan faktor-faktor lain. Hal tersebut juga terjadi pada agama-agama baru pada saat itu, tentunya dengan berbagai perbedaan kondisi dan situasi masyarakat.
     Agama-agama terebut menyebar dan berkembang dengan berbagai cara dan jalur. Contoh pertama ialah agama Kristen. Agama Kristen  di Indonesia mulai menguat perkembangannya pada abad 16 M diawali dengan datangnya bangsa-bangsa barat ke wilayah Indonesia. Mereka membawa ajaran agama yang dioanutnya dan menyebarkannya.
     Contoh, Spanyol membawa agama Kristen Katolik sedangkan Belanda membawa agama Kristen Protestan. Kritianiasi terjadi secara bear-besaran ehingga dinamakan the age of discovery. Gerakan 3 G juga turut mengambil andil besar dalam penyebaran ini.
     Agama Islam juga menyebar degan berbagai cara, seperti perkawinan, pendidikan, jalur tasawuf dan perantara raja-raja. Maksudnya jika si Raja memeluk Islam, maka kemungkinan bear rakyatnya akan lebioh mudah ikut masuk Islam, Agama Islam juga diebarkan oleh para wali-wali melalu jalur kesenian seperti wayang golek dan lain-lain.
Sekian, terima kasih.

Comments

Popular Posts