jurusan oh jurusan

kira-kira ini list jurusan yang pernah gw lirik:
1. filsafat
2. teknik kimia
3. dkv
4. desain produk
5. stan pajak
6. film
7. antropologi
8. arsitektur
9. pwk/planologi

1. filsafat
ini 2 tahun terakhir sih, makanya gw takut ini temporal. terus kayanya gw gabisa deh yg mikir terus2an, kalo gagerak dan gabikin warna2an bosen juga. tapi ini worth banget deh kayanya bwt memperkaya alur berpikir. biar gw ga sengklek.

2. teknik kimia
ini mah sok2an :") jadi tuh ceritanya jiwa visioner cling2 gw berkata; dita, ayo selamatkan bumi, ayo bikin elemen penelan plastik, ayo bikin penyerap polutan dsb. terus kek bisa aja sii, cuma realistisnya ya itu kalo gada uangnya ya susah juga jalannya. tau sendri di indo akomodasi buat riset pelitnya ampun2an. jadi dari segi finance gw gayakin. tapi hopefully suatu saat adalah ya org yg mau, at least bisa mengubah pola pikir masy aja gitu.

3. dkv
im dkv banget so i choose it:"0 tapi kek gw mikir lagi, kayanya kebutuhannya udah ga sebanyak dulu deh di market. yang gw pantau, semenjak instagram dan tiktok makin banyak dipake, dan pandemi juga jadi apa2 visual, kayanya kapabilitas rata2 orang untuk mendesain grafis2 udah meningkat. desain grafis juga makin mudah akesnya sehingga menjangkau hampir tiap orang, walau skalanya ada yang kecill banget. gw pilih ini juga bcs ya diri gw adalah dkv wkwkwk. setiap gw liat sekitar, terus ada susunan tipografi yang menurut gw cacat misalnya, itu gw anxiety aowkwkwk. kek 'anjer ini ko disitu dll' . tapi kek kurang yakin juga.kenapa? karna katanya alat gambarnya di awal2 banyak:")))) 

4. desain produk.
tentu saja inin berkaitan erat dengan dkv. kalo dirunut kayanya rasa gemes gw akan ketidakteraturan bukan hanya dari ux secara visual aja, tapi secara daya guna suatu produk. misal bapa gw ngoles mentega tapi pake serokan sambel yang tipis. kek itukan susah ya, gw mikir enteng aja kenapa dia gapake modelan odol, tapi tutupnya kaya sudip bebek gitu, jadi bisa dituang terus dioles. gw kayanya gamau masuk jurusan ini karna kata mba2 kampusnya dp ada fisika dan kalkulusnya:" menanges:"

5. stan pajak
sksksk ini secara finance gw paling yakin. secara, kuliahnya gratis dan abis lulus kemungkinan langsung kerja itu gede. tapi apakah rasa keterjaminan itu bikin gw jadi sejahtera a.k.a bahagia? gatau:")) gw liat2 atmosfer kampusnya serius banget, ya pastilah ada cekikikan tapi pasti mereka si mahasiswanya tuh saingan abiezz. terus kek skolahnya pake seragam:") disatu sisi bagus, jadi gw gaperlu pusing pilih2 baju. disatu sisi gw rasa itu membosankan sekali. baju seragam juga gerah weh gaenak.

6. film
ini secara keaktifan gw paling suka. dia juga paduan antara dkv+manajemen+teater+musik+sound+gambar+cerita+lighting+warna+kamera. keren banget kann. kayanya gw sejauh inimilih film bcs it really2 me.  bergerak, mikir juga dapet, berwarna juga, ada ceritanya juga, ada moral valuenya juga. jadi sejauh ini paling mantep film sih.

7. antropologi
kalo ini ketrigger gara2 cania sabda di podquest. dan framework2 mereka yg gw rasa raw tapi make sense at the same time. perilaku2 manusia saat ini kebanyakan hasil dari perilu nenek kakek food gatherer. bagaimana manusia bisa bertingkah kaya sekarang? apakah punya anak bener2 merupakan keinginan si ibu? atau keingin si ibu untuk merasa sama dengan kelompok disekitarnya? dsb. gw tertarik si mempertanyakan apa aja sih misteri2 yg membawa kita ampe sekarang. 

8. arsitektur.
ini kayanya kemungkinan paling kecil. jurusan paling elit kalo kata gw sih aowkwkwk. ke trigger juga sama kafin. keren, tapi not really me.

9. pwk/planologi
nahh ini mirip2 kaya nomor 3 dan 4. user experience aowkwkwkwk. gw rasa yg bikin orang leluasa dan mau ngelakuin apa2 faktor utamanya ya kenyamanan. gw yakin bisa banget sih menambah angka produktivitas kerja suatu kota dalam satu data, dengan menyusun dan mengubah tata letak kota dan fasilitasnya dengan senyaman mungkin, seefisien mungkin. mungkin sesederhana ada berapa pohon yang ditaro di halte, atau berapa tinggi trotoar di sebelah sini. berapa panjangnya,ampe mana, itutuh berpengaruh banget ke mood dan efektivitas waktu dan tenaga. jadi gwpengen banget mengoptimalkan sisi kenyamanan warga urban untuk kesejahteraan mereka, terutama kesejahteraan non materiil.

sekian jurusan impian saya, semuanya impian. tapi yg jadi rencana kayanya film. gada kerjaan lo bacain ini ampe abis.

Comments

Popular Posts