pendidikan, caniasabda, framework

tadi abis nontonkolab2 keren yg diupload sama:
1) ka vincent
2) kevin anggara
3) asumsi

konklusi:
-sistem yang memadai
-fundamental skill
-fundamental intention
-ai can hack human being (ini based on yuval)
-indo minat baca 72/78 oemji

zenius barusan ngeluarin fitur baru, zencore. dan itu BAGUS BGTT GILEEEE. bahasa yang mereka pake bener2 sama kaya bahasanya sabda cania. like whatttt???W?2edwjjhdfw. 

gw seseneng itukan liat2 sgnya cania karena hampir tiap hari dia ajarin basic thinking skill, reasoning, berbagai macam framework dsb, alhamdulillahnya gw udah bisa mulai make beberapa frameowrk dengan luwes. thankyou banget cania allahuuu lu lahir sebagai blessing buat jutaan orang dah kayanya. sabda ga aktif bgt si di ig. of course karna dia bos hahahaha. tapi baca sematan thread sabda di twitter itu juga bikin mikir2 gitu sih, sama2 nyegerin kepala. 

dan guess what mereka bikin fitur fundamental skill di aplikasi zenius sajdhjsad. mana gratis allahuuu sdjfhdjskfhdsajkf. gw makin menggila wei pengen ada di pengajaran pendidikan. tapi ya tapi...

why i have zero of self-esteem gitu:")))). framework bekerja banget si di gw buat mengurangi kadar low self-esteem gw yang kadang2 diluar ambang batas. tapi serius makin lama gw dirumah terus, ga ketemu orang2 selain customer dan tetangga (yang gw omongin ama tetangga juga duty semua wkwkekke). jadi gw merasa ga butuh untuk belajar komunikasi, dan gabutuh untuk memperbaharui slef-esteem gw demi memperlancarkomunikasi tersebut. sehingga hasilnya adalah ya gw ga berkembang:")))). tapi framework yang gw pegang sekarang kurang lebih ini:

1) 4 domain pokok. terdiri dari moralitas, estetika, logika, empiris.
moralitas: ttg seberapa seimabng cost yanggw bayar dan benefit yang gw peroleh
estetika: seberapa cantiknya sesuatu di otak gw
logika: seberapa masuk akal premis2 yang tersedia dengan kesimpulan akhir suatu informasi
empiris: seberapa akurat data yang ada dengan kenyataan sebenarnya

2) domain evolusi
-untuk tidak menyalahkan individu sebagai individu murni atas perilaku2nya yang gw anggap gajelas. misal cowo selingkuh. gw sebisa mungkin ga mikir kalo dia selingkuh persae, well walaupun dari lahir gw gapunya cowo si wkwkwkwk. gw ganilai dia selingkuh persae dan being personally. tapi ngeliat dia sebagai manusia, sebagai anggota peradaban, sebagai debu2 sejarah. dan gw dapet suatu info yang bisa gw jadikan acuan untuk kedepannya. misal di contoh sleingkuh ini, ternayat kebiasaan untuk cheating di zaman food gatherer itu diperlukan. kenapa? ya tentu aja bisa ngasilin anak yang banyak. survivabilitas. sehingga gen "selingkuh" itu terus menerus diteruskan oleh si gen ini untuk keberlanjutan spesies. inget selfish gene kaaan??

3) domain sumber daya. 
ini ga meululu soal perusahaan ya, kek yg sumber daya ada dua, alam dan turunan, turunan begini2, alam begini2. tapi sumber daya itu ya segala sesuatu yang bisa ditukar. apapun. abstrak maupun konkret.beberapa contoh dari resource/sumber daya adalah; uang, afeksi, energi, pengorbanan, rasa malu, "cinta", dedikasi, harta benda, kepercayaan, dsb.

dengan domain sumber daya ini, inshaaallah gw bisa jadi lebih paham bagaimana cara mengkalkuklasi segala bentuk transaksi. gw tau sumber daya apa yg gw dapet dari satu orang, dan bagaiaman gw balik memberikan orang tsb sumber daya yang dia butuhkan. jadi ga jomplang. jadi gada rasa cape hati dsb.

udah si itu kayanya. sekian





Comments

Popular Posts