manusia naturalnya ga harus monogami

nohkan apa...
bener asumsi gue.....

gw dari smp selalu keras kepala dan ga terima, kenapa sih dalam relationship orang tuh susah banget buat "saling tatap"? i mean kan itu pernikahan, atauga pacaran deh. kenapa gitu, kedua2nya gabisa saling tatap satu sama lain dan yaa working together untuk kebaikan berdua gitu.

entah keluarga gw sendiri, entah ustadz idola gue, entah kakek gue, entah gebetan gue, terkhusus laki2 ya (karena di pengalaman gw laki2 jauh lebih sering buat ga natap, gw gatau statistik universalnya gimana). kek, kok ada:

-orang yang nikah tapi di belakang ngomongin perempuan lain
-orang bisa punya 3-4 pasangan
-orang bisa open relationship dan SAMA2 CONSENT
-orang bisa cinta sama 1 cewe A, walaupun dia nanti nikah sama siapapun itu

kek KOK BISAAA
entah mungkin gwnya yang lebay atau ga pernah punya pengalaman dan keinginan dan trigger untuk ada dalam hal ini gitu. tapi jujur gw sangat respect bgtbgt sama orang yang punya loyalty tinggi ke pasangannya.

nahh karena pertanyaan besar inilah yg bikin gw skeptis parah dan bertanya2:
-ko gabisa sih saling tatap aja?
-ko gabisa sih dedicated ke dia aja?
-terus kalo gabisa saling tatap, cinta itu apa?
-what exactly love is?
-cinta itu ketertarikan seksual dalam penurunan gen, atau lambang keterikatan hubungan?

nah nah nah, akhir-akhir ini, ga akhir2 juga si, bulan-bulan ini lah, gw punya temen baru, sebut saja komar. yang gw kulik-kulik, kayanya yg dimaksud cinta tuh yang dia lakuin deh. apaya, ampe yang gw tertegun "oaala janco kayanya kalo lagunya L-O-V-E sama Unforgettable-nya Nat King Cole, dipersonifikasi jadi orang, munculnya hita deh" karena ya, dari puisi2 komar ke cewenya (kayaknya mantannya sih), itu beneran deep banget coooooooooooo

lanjut nnti
intinya dari evolusi, manusia hidupnya ya banyakgami, dan itu berlangsung kira2 300rb tahun, jadi gen2 banyakgaminya masih terus ampe sekarang, apalagi ke cowo yang cost reproduksinya jauhh jauh lebih dikit daripada cewe, hal ini yang bikin kecenderungan di jaman sekarang, cowo akan lebih mudah pindah dan tidak menatap cewe satu aja, dan cewe jadi pihak yg picky karena di masa evolusi dia harus cari cowo yang punya resource cukup dan komitmen besar untuk menjaga anak-anaknya.

hal aneh bernama cinta juga baru muncul di masa revolusi pertanian, karena apa2 makin susah, hidup makin ribet, muncullah property right, orang2 pada lindungin hak2 yang dia punya, termasuk anak sebagai pewaris dan pasangan. di sinilah proses seleksi akan komitmen dan ikatan tadi jadi lebih selektif. dan inilah nenek moyang dari lovenya nat king cole di masa sekarang

sekiaaaaan

Comments

Popular Posts