rangkuman kereta ohio^^

ini kemaren gw baca dikit di visualcapitalist, sebenernya w udh nulis kemaren rangkumannya tapi direcall lagi aja kali ya biar otak w berjalan dikit.


jadi di tanggal 3 februari lalu, itu ada kereta kargo jurusan maddison illinois-conway pennysilavnia. kereta kargo itu  bawa sekitar 110 mobil pengangkut gas kimia nah dari 150 mobil aka kontainer itu, ada 38 kontainer yang bawa zat amat riskan. nahhh dari 38 riskan itu, 11nya isinya viny chloride.


kira kira kek gini dah ilustrasinya

pemerintah amerika serikat, pemerintah daerah setempat, sama pihak NSnya udah bikin conference bahwa kejadian ini "preventable" alias udah disadari resikonya dari lama, dan akan aman. TAPI YE NAMANYA ZAT KIMIAAA...NANIII.....

jadi netizen terutama warga ohio sendiri udah setakut ini ama dampak si zat-zat ini, dimana faktanya yaa zat-zatnya tetap ada dan bau menyengatnya juga kecium ampe jauh. nah pihak pengembang kereta ini juga udah ngelakuin himbauan pemerintah untuk melakukan pelepasan terkendali aka tindak detonasi.


nah kenapa dilepas terkendali, seperti ilustrasi yang sudah gw cantumkan di atas, dari 11 kontainer berisi viny chloride itu, 5 nya diindikasi sangat berisiko untuk meledak, jadi daripada dia meledak terus tambah parah kan ye...

nah terus emang si vinyl chloride ini apa? kok kayanya ditakutin banget gitu
jadiii




sebenernya teh si vinil klorida ini penggunaanya buat plastik pvc, plastik yan gdipake buat bungkus sempol, buat paralon, buat ban renang, dsbdsb. 

nah tapiiii itu kalo misal si vinyl chloride ini dipolimerasi, dan itu tadi, menghasilkan polivinilclorida (PVC). 

btw pvc kalo di suhu kamar wujudnya padat ya ges

itu kan kalo dipolimerasi, beda lagi kalo misal si vinyl chloride ini ter-deformasi aka terurai melalui suhu yang panas dan/atau ultraviolet, reaksinya jadi beda:

vinyl chloride tsb kalo terbakar atau terkena panas, akan mecah jadi dua subtant, yaitu:
1. fosgen
2. hidrogen klorida

nah itu kalo kena panasnya ditambah oksigen, kalo misal kondisinya nir-oksigen, produk yang dihasilin bakalan jadi klorin sebagai produk utama, dan furan serta dioxine menjadi produk sampingannya.

oke kita highlight tulisan biru. kedua zat tersebut dapat dikatakan sangat berbahaya.

1. Fosgen














zat kimia yang dipake pas lagi chemical war di ww1. kata compoundchem.com, fosgen ini meliputi 85% dari total gas mematikan yang dipake di prang dunia pertama. nih lah gw nemu infografisnya:

2. hidrogen klorida 

asam klorida lah ya, common.


dah intinya itu, sekian makaseh


Comments

Popular Posts