rangkuman zona subduksi


lu tau g ini gw ngulik ginian karena melarikan diri dari todolist utama yaitu koding:)
i mean, gw ga tertarik gimana dong skdfhjsh, tapi harus tertarik sebenernya biar tidak tolil dan dumb.

ok jadi

ini namanya gerakan subduksi di lempeng tektonik. lempeng bumi yang tektonik tu ada tujuh. lempeng itu terletaknya di astronosfer, yang gw tangkep, indo masuknya ke lempeng australia di sulawesi dan papua, dan lempeng austronesia di daerah selain dua itu.



gerakan lempeng selain subduksi sebenernya ada banyak, tapi gw takutnya otak w meledak soalnya masih ada 6 artikel lagi yg harus w kulik xixi. nah subduksi ini yang gw pelajarin terjadinya di laut, fenomena di mana litosfer itu masuk ke dalem, sampe nembus ke daerahnya mesosfer dan nanti produknya ada dua, ada batu ekoglit sama dia jadi magma.

ecoglite stone, buddy!


pas dia menghujam ke dalam laut gitu, itu si kerak luarnya ga ngikut, dia bakal ketinggalan gitu lah istlahnya, nah hasil ketinggalan tadi bakal ngebentuk accreted sediment di atas. biasanya peristiwa accreted sediment . nah accreted sedminet itu kan substansi yang menggumpalnya, dimana hasil akhirnya bakal bisa jadi gunung bawah laut, atol, laguna, atau yang lain. nah sedangka cekungan yang dihasilkan dari si accreted sediment tadi tuh bakal jadi trench, ya cekungan doang si, dan trench ini cuma terbentuk di laut dalam. asumsi gw mungkin kalo ini di laut dangkal gabakalan terlalu ketara(?)

terus ada lagi makhluk namanya marginal basin. dia poknya hasil cekungan dari mencuatnya si pucuk vulkanik sama benua atau entah daratan lain gitulah di sekitarnya. jadi bedanya kalo trench ini hasil tumpukan dari kerak bumi, kalo basil ini antara pucuk vulkanik sama daratan lain di sekitarnya.

sekian mksh


tambahan:


ini gambar cakepnya

Comments

Popular Posts