terjemahan kasus nagleria fowleri (amuba jelek makanin otak)



seorang warga di wilayah  florida dilaporkan tewas setelah terinfeksi amoeba pemakan otak, naegleria fowleri. infeksi disinyalir berasal dari air keran yang digunakan korban untuk membersihkan saluran nasalnya. mengutip dari pers liris dari departmen kesehatan florida charlotte county, di mana pers ini sudah disiarkan februari lalu untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat luas.

pada kamis lalu, departemen mengonfirmasi kasus kematian ini dan bersitegas melanjutkan perkara kejadian. diranut dari konferensi pers yang sama, amoeba jenis naegleria fowleri hanya dapat menginfeksi otak lewat hidung manusia, baik saat berenang, maupun saat melakukan perawatan pembersihan saluran nasal.

kecenderungan pulih dari infeksi ini dapat dikatakan hampir mustahiellll. mengutip dari CDC, sejak1926-2021, hanya ada 4 orang selamat dari total 154 terinfeksi. 

tanda dan gejala dari infeksi ini diantaranya sakit kepala, demam, mual, dan muntah dan diikuti gejala lanjutan seperti leher kaku, halusinasi dan koma. infeksi bisa dirawat dengan diberikan kombinasi beberapa obat, seperti antibiotic azithromycin, antifungal fluconazole, antimicrobial drug miltefosine dan corticosteroid dexamethasone.

Comments

Popular Posts