gentle sambat finance personalku

  1. What are my financial goals? Do I have short-term and long-term financial goals? Have I set a specific timeline for achieving these goals

financial goals gw= kebebasan finansial
gw gatau gimana definisi konkritnya, tapi yang gw tangkep adalah, bebas finansial berarti gw bisa hidup 5-10 tahun kedepan tanpa ngelakuin apapun, wicis itu sangat susah gils jadi gw memecah goals tidak mungkin itu ke dalam beberapa unattainable steps.

jadi sekarang gw mengkondisikan kondisi itu ke= berpendapatan cukup dan memiliki layering urgent yang cukup, dengan investasi masa depan bertujuan yang cukup pula. jadi istilahnya live for today, tomorrow and ever but in healthy way. sama salah satu cara rasionalnya, untuk menjadi bijak dalam memakai uang, gw harus juga bijak dalam membelanjakan uang, harus bijak dalam menyadari tingkat keterjangkauan suatu barang berdasarkan state kondisi finansial gw, dimana kemampuan ini harus dilandasi dengan adanya otak yang berfungsi 12juta persen, alias saya harus berpikir bener dulu. syukur syukur mikirnya di segala keputusan.

jadi sebenernya goals finansial, itu sejalan dengan goals hidup gw, jadi wise, aware, cerdas, ga bisa dibohongi dan dikendaliin siapapun, gw yg punya power. itu dah intinya. i learned that powerless bring many devastated points in life so no.
  1. What is my current income and what are my expenses? Have I created a budget to track my income and expenses? Do I have any sources of passive income?

ini harus bentuk angka kah cui:) ya pokonya untuk sekarang pas gw coba kalkulasi, ecpand gw masih lebih besar dari saving, wicis itu kurang ideal, tapi syukurnya adalah gapnya ga terlalu gede, dan semoga gw tetep memfungsikan otak gw semaksimal mungkin untuk tidak spending terlalu banyak sehingga neracanya seimbang. syukur2 savingnya lebih banyak dari pada spending.

budget tracks gw udah bikin kemaren, udah w catet juga di whhatsapp tapi persentasenya belum saya bikin, kayanya abis nulis ini bakal w bikin persentasenya. itu definisi gw breakdown semua pengeluaran gw ampe ke masalah beli cilok, sabun cuci muka dan sebagainya. jujur agak takut si terlalu obligated jatohnya mirip kek robot. tapi harus tertib. pasif income belum ada alias apriodita masih cupu untuk berenang ke kolampasif income yang sangat luas dan dalam wilayahnya itu.
  1. What is my current debt situation? Do I have any outstanding debts, such as credit card debts, student loans, or mortgages? What is my plan for paying off these debts?

bulan kemaren masih berkutat sama utang spaypinjam karena akhir tahun kemaren nutup biaya kredit internetnya bapa, sebenernya masih jalan ampe mei nanti tapi kecil lah, dia sekarang tidak seseram itu wlee. kartu kredit gada, students loan gada ku blm kuliah, morget gada karena ku masih numpang ortu xixixi. planning ku untuk menutup hutang ini sementara dari montlhy salary aman, tapi yang kurang yakin amannya sebenernnya utangnya bapa, bukan masukutang gw tapi ttp mengkhawatirkan.
  1. Have I started saving for emergencies and retirement? Do I have an emergency fund that can cover at least three to six months of living expenses? Have I started saving for retirement, and if so, am I contributing enough to my retirement accounts?

seperti yang tadi udah w bilang, gw udh ada rencana saving pun ampe malem tadi duitnya masih ada, tapi karena satu dan lain hal tuh duit hari ini terpaksa sirna ^__^
pokoe besok besok gw harus nabung segunung biarpunya dana darurat, dana masdep dsb dsb.
  1. Do I have any investments? Have I diversified my investment portfolio? What is my investment strategy and risk tolerance level?

ofcourse gw blm punya karena regular saving pun gw blm s-capable itu untuk stabil, mungkin kalo udah dua digit dan nabung w udah stabil, bakal bikin porto.
  1. Do I have any insurance policies? Do I have enough coverage to protect myself and my family in case of unexpected events, such as illness, disability, or death?

gw ampe sekarang blm tau si ke depannya akan ambil insurance atau engga, tapi parno gara2 kontennya felicia jadi keknya gw simpen itu di deposito aja (?)

Comments

Popular Posts