kemiskinan dan ketidaksetaraan gender pada anak: tantangan multi dimensi bagi indonesia

kemiskinan dan ketidaksetaraan gender pada anak: tantang multi dimensi bagi indonesia

gw baca filenya unicef yang ini, 
2 halaman saja karna saya tau otak sy sesendok nyamnyam




gw rangkum pake bahasa gw ajalah ye

jadiintinya, most of the akar masalah dari krisis kualitas anak di indonesia itu ya kemiskinan, kemiskinan jadi faktor penentu banget nih anak anak kedepannya mau kaya mana. dimana tantangan ini juga udah widely understood by governemnt indo sendiri. tapi kabar baiknya ya, tingkat kemiskinan indo dari 2010-2018 itu udah berkurang drastis, termasuk kemiskinan anak anaknya juga. 

tapi walaupun tingkat kemiskinannya berkurang, gap antara perempuan dan laki aki di tingkat pemberdayaan anak anak itu masih jauh banget, you name it perempuan di domestik itu banyak banget beban sosialnya yang harusnya peran tersebut, role tersebut bisa dibagi rata dan sehat ke laki-laki.

aspek pertama yang diulas tuh poverty income, atau kemiskinan pendapatan, ini jelas banget bisa jdi mesin waktu perkembangan anak di masa depan. mudahnya akses finansial pasti berimbas ke seberapa bebas anak atau seberapa banyak pilihan yang dapat anak pilih untuk mengejar mimpinya, atau atleast seenggaknya memen uhi kebutuhan kebutuhan dasarnya baik nutrisi, kesehatan fisik dan mental, perlindungan danproteksi, privasi dan kebebasan berpendapat, serta kesetaraan di tempat kerja. pokonya si akses uang ini emang bisa jadi juru kunci gitulaah

sekian mksh

Comments

Popular Posts