ngulik lagi ngulik teros

gw tadi ngulik tentang
- potassium
- magnessium
- degenerasi makula:

ternyata nenek tuh sakit ini coi. dia bukan katarak. tapi penumpukan pembuluh darah akibat udah tua


ada yg basah dan yg kering, tapi katanya yg basah tuh lebih bahaya. komplikasi puncaknya bisa bikin penglihatan sentral tuh hilang total. tadinya cuma buram doang. si bayem punya kandungan liuten untuk mencegah si penyakit ini


L-Glutathione


- cara masak bayem paling sehat: di jus

kalo dipanasin, kandungan luteinnya ilang. kalo ga dimasak, kandungan oksalatnya ngehambat penyerapan mineral.

- kandungan natur e yang reguler: 100IU. 1 IU setara 0,67 mg. jadi dia 67mg

- kandungan natur e yang white

Vitamin E (d-alfa Tocopherol) 20 IU, L-Glutathione (Opitac) 50 mg, Olea europaea fructus extract (Olive Furit Extract) 50 mg.

dan ternyata zaitun tuh gapunya kandungan gula sama sekali. 0 gram.

- kandungan endogen dan eksogen enzim pada tubuh



- reaksi potassium dan sodium pd transfer cairan di sel dibawah
- cairan intra sel dan cairan antar sel dibawah


pas pagi tuh gw makan bolu klemben ini:


gw makan di kantin dan ambil 2 karena emang udah kepengen banget dari lama. akan tetapi baru inget "oiya anjeeerrr gw kan lagi ngurangin gula". jadilah gw ovt dan mikirin ini tuh bolu ada berapa gram kandungan gula satu pcsnya. terus dari sini gw tau ini bolu namanya bolu klemben dan dari banyuwangi dan disajiin ketika ada acara kaya hajatan dan lain sebagainya.

tapi gw ganemu siiii kandungannya berapa ^_^ tapi gw liat ada resep yang bilang 10 butir telur bisa buat 24pcs bolu, dimana takaran gulanya tuh 400 gram. berarti kalo dibagi 400gram dibagi 24, jadi 1pcs gw makan gula sekitar 17 gram. jadi dapat disimpulkan gw tadi makan gula 17 x 2 = 34 gram ^_^

PADAHAL DAILY INTAKE GULA GUE 40

dahlah. namanya. juga. lupa.

terus dari situ gw nanya lagi ke google. untuk memastikan kiranya berapa gula persis yang maksimal gw boleh konsumsi sehari. gw pake lah tes DRI. kek gini:



gw ditanyain data singkat itu dan dia nampilin BWANYAK banget jumlah nutrient dan berapa total yg harus gw konsumsi dan paling banyaknya berapa juga gitu. dimana disitu ternyata tidak ada tabel mengenai jumlah gula ^_^ yang ada hanya karbohidrat dan makro nutrisi lain.


terus gw berpikir apakah si karbohidrat ini bisa gw konversi ke dalam bentuk gula? jadi gw bisa tau berapa takaran gula gw perhari. tapi gw terlalu males mikir ke situ karna gw tau bakal nanya lebih banyak banyak lagi dan otakku mau meledak wak.

terus gw scroll lah ke bawah dan menemukan ini:



sepanjang perkulikan gw mengenai nutrisi dan diet2an ini, gw paling sering denger anjuran tuh soal karbo, gula, protein. tapi tadi tuh ada namanya potassium. yaaa gw ga terlalu asing sama istilah itu sih tapi KOK ANGKANYA BANYAK BGT??!?!? kandungan apa itu sehingga bikin w harus mengonsumsi dia sebanyak itu dalam sehari? 2.600 mg sedangkan vitamin c aja tuh cuma 100 mg-an..... ternyata dia tuh punya fungsi yg menurut w penting bgt dan gw sampe mikir "kenapa pengetahuan soal pentingnya potassium ini ga seberisik vitamin c, protein, dan lain2nya ya? apakah potassium merasa terbully akan hal ini?".

potassium tuh punya fungsi regulasi cairan tubuh lewat transfer cairan di membran sel. dari alirah darah, masukin nutrisi ke sel, regulasinya pake potassium dan sodium.


jadi itu yg dibawah kan sitoplasma, alias cairan dalam sel, alias cairan intra sel, alias ICF (intra-cell fluid). sedangkan yang atas tuh lingkungan luar sel alias cairan intersel, alias ECF (extra-cell fluid). yang bulat bulat merah dan berbaris itu namanya fosfolipid bilayer, alias 2 lapis fosfolipid. itu komponennya membran sel. terus itu ATP tuh kaya "bensin" agar mekanisme pertukaran nutrisi tadi bisa berjalan.

yg gw baca sih yaaa, dan gw tangkep. potassium dan sodium itu naturalnya ada di kedua belah sisi. tapii konsentrasinya beda beda. potassium lebih banyak di cairan sitoplasma, sedangkan sodium lebih banyak di cairan antar sel atau di luar membran selnya. intinya potassium itu fungsinya buat menyeimbangkan mekanisme pertukaran tadi. nah kenapa sodium ga terlalu "diurus"? karena sodium tuh udah BWANYAK banget ada di mana mana dan konsumsinya umum. bahkan garam dapur tuh sesendok makan isinya sodium melulu. makanya lebih ditekenin untuk banyakin potassium. selain untuk menyeimbangkan si sodium, dia juga untuk asupan "dapur" di dalem selnya sendiri.

terus pas gw baca ini:



gw baru sadar selama ini gw ga perhatiin kalsium?!??!
jadi gw planning akan rutin konsumsi kalsium dari luar makanan karena yg gw perhatiin makanan gw agak kureng kandungan kalsiumnya.


kesimpulan:

1) perbanyak potassium untuk keseimbangan metabolisme sel.
2) intake suplemen kalsium untuk pertumbuhan rambut alopecia lo itu
3) jumlah gula tiap jajan perhatiin BE MINDFUL
4) raja perkulikan hari ini goes to:

dia magnesium banyak, kalsium punya, potassium tinggi

pantes ada popeye si suka bayam karena ternyata enih holygrail


TAPI KALO DIGINIIN MAH GW KAYANYA KAGA DOYAN DAH

dah skian mksh








Comments

Popular Posts