rangkuman lemakkkk dan micellar water

tadi ngulik sisaan kemaren tentang leptin. hormon regulasi nafsu makan. makin banyak leptin, makin merasa kenyang. 

terus tadi kan w dibawain bapa bekel pepes jeroan ikan gitu kan, terus penasaran lah gw kenapa ntu jeroan bisa aja dimakan (ini respon setelah w liat proses pembuatan pepes itu, tahu yg putih lembut dicampur organnn!?!?!?!? terus gw jadi iuh2an ama si jeroannya, padahal pas makan ya abis juga). terus w bertanya ttg kolesterol pada bagian tubuh ikan, khususnya jeroan ikan jenis tongkol yang gw makan.

-jawaban: kolesterol pada ikan itu cenderung jauh lebih rendah dibanding kandungan kolesterol pada lemak hewani lain kaya sapi, ayam, udang, dll. jeroan ikan aka fish guts juga edible dan punya banyak kandungan kaya tinggi protein dll. dia juga nir-germs si yg gw baca, jadi aman dan gw makan dengan tenang.

terus gw kan masi pusing dengan pengkategorian lemak dan kolesterol ini ya. bapa tuh beberapa kali pernah nerangin kalo kolesterol tuh ada yg baik dan gabaik. baik disini artinya bermanfaat bagi tubuh. nah gw ulik terus ada pembagian si ldl dan hdl itu.


yang kuning itu ldl aka low density lipoprotein, dia yg kepadatannya rendah dan suka nempel di dinding pembuluh darah dan bakal jadi plak kalo kebanyakan. ini bahaya karena bakal nyumbat si aliran darah itu dan micu penyakit kaya stroke dan serangan jantung. maka dari itu dia dipanggil kolesterol jahat. 

yang ijo di tengah itu hdl aka high density lipoprotein alias kolesterol baik. dia bantu ngilangin si kolesterol jahat itu dengan ngangkut dan pindahin ke hati untuk selanjutnya di emulsi atauga di buang ke saluran pembuangan. nama prosesnya reverse cholesterol transport. 

terus karena gw nyari apa aja tahapan pencernaan lipid aka lemak perlemakan ini, ada satu tahap dimana si lipid ini bakal gabung jadi struktur yang namanya micelle. kek gini bentukannya. 


tadinya gw merasa asing lalu ternyata sturktur ini sama kaya fosfolipid bilayer yang ada di membran sel hewan, beda bentuk aja tapi ttp ada si buntut dan bola bola itu.


GUE
BARU
NYAMBUNG
JADI
SI
MICELLAR WATER INI
BERARTI
pake prinsip si micelle lipid ini, sama2 ngebentuk struktur bola yg dalemnya hidrofobik, dan luarnya hidrofilik, untuk ngangkut minyak2 di muka dengan mudah dan ditransfer di kapasss. jadi ntuh minyak jadi nyerep dan ke buang. kalo di pencernaan lipid, si kapas tuh jadi si hati, si micellar water jadi si micelle itu.

tapi gw masi bingung kenapa terotero bozunya si fosfolipid bilayer tuh dua, sedangkan tero2 bozunya si micelle tuh satu. si bilayer kayanya kan tersusun dari lemak saturated dan unsaturated yaa, dimana yg unsaturated tuh yg bengkok karena ada ikatan chnya



ternyata si tero2 bozu ini namanya molekul surfaktan ^__^

bentar dulu anjir otak guek kepenuhan

nah terus w nanya kenapa si surfaktan yg di micelle tuh ekornya tunggal, isinya cuma ikatan hidrokarbon. sedangkan yang di fosfolipid bilayer tuh ada dua jenis, ada yg saturated fat (kaku) dan unsaturated fat (permiable). terus dapet jawabannya karena biar si bilayernya tuh ttp bisa mentransfer zat2 dari luar ke dalam sel dan sebaliknya, tapi ttp kokoh karena ada si lemak kaku itu gitu.


laptin dibentuk siapa?
- jaringan adiposa putih, lemak putih
- lemak tuh ada 3 jenis: coklat, putih, beige atau tengah2

-lemak putih untuk cadangan energi dan biasa ditemuin di cmat atau yellow marrow.
- lemak coklat dan beige itu untuk termoregulasi dan termogenesis, intinya klao lagi olahraga, atau abis melahirkan, atau abis melakukan kegiatan yang capek, itu si lemak beige dan coklat bakal ngehasilin suatu magic yg bisa ubah lemak jadi panas. 
-lemak coklat punya banyak mitokondria yang buat dia punya warna jadi lebih gelap dari temennya
berhubungan dengan tulang dan lemak, ada namanya cmat dan rmat. cmat itu jaringan adiposa yg ada di daerah kunign tulang, berfungsi untuk cadangan energi. isinya si sel lemak coklat dan beige tadi. 





terus ada namanya rmat, singkatan dari red marrow adipose tissue, fungsi umumnya untuk produksi sel darah merah dan putih, fungsi khususnya untuk produksi sel darah merah.


beberapa respon fight or flight manusia yg diterusin dari masa evolusi awal dan masih ada sampe sekarang:


- pupil melebar, biar lebih waspada dan pandangan lebih luas ke area sekitar, buat ngelawan predator. 
- wajah pusat, karena darah yg tadinya ada disitu, dialirin ke daerah2 yg perlu di"darah"in, kaya tulang, otot, dan daerah2 yg rawan untuk kehilangan banyak darah. 
- jantung berdegup kencang, napas cepet: ini kondisi paling prima manusia untuk menyerang balik si predator atau bahaya tadi.
- gemeteran. ototnya akan memadat dan siap untuk menyerang, in yg bikin dia shaking.

udh keknya segitu. si fight and flight response ini kayanya besok bakal gw lanjutin karena menarik. ada planning mau kulik satu persatu topik di bukunya afu juga semoga niat lah ya



Comments

Popular Posts