rangkuman berita trump.

. mesin pemilu di amerika serikat:

di us ternyata pemilu tuh  bukan dicoblos, tapi pake mesin semacem kaya mesin atm dan voters tinggal pencet2 saja, sekat2nya juga yang gw liat mirip bgt sama kaya atm

. undang undang rico:
-undang undang rico adalah jenis uu yang ada di us untuk menghadapi kasus kriminal terorganisir. beberapa contohnya tuh kaya pencucian uang, terorisme, narkoba, human trafficking, dan penipuan.
-isinya meliputi definisi, sanksi hukum yang lebih berat, penyitaan aset untuk melumpuhkan kegiatan operasional kejahatan, klaim ganti rugi, sama penggabungan kasus yang mirip sama junco atau penggabungan pasal di indo.
-gw si berharap undang undang sejenis ini ada di indo, karena yg gw baca di indo tuh ada pasal narkoba, pasal tppo, pasal terorisme, pasal investasi bodong, tapi ga ada dalam 1 rumpun yang sama gitu. tapi mungkin bakal pertimbangin banyak hal gw blm tau juga itunya. 
-dapet ini karena gw tadi lagi ngulik kasusunya trump yang di tanggal 2 januari 2021 dia coba ngebook menteri luar negeri georgia untuk "ngebenerin" jumlah suara voting disana. tindakan trump ini masuk ke pelanggaran hukum UU RICO ini. 

. brad itu menteri luar negeri us (Brad Raffensperger.)

- terus rangkuman berita lengkapnya yang gw baca di asumsi beserta reaksi ogut:


trump 2 januari 2021 tuh minta brad, menteri luar negeri amerika untuk "ngebenerin" hasil pemilu karena suara dia kalah di georgia, dimana brad itu jadi pejabat pemegang kendali pemilu di sana.

tapi brad bilang ga ada bukti dari omongan yang trump bilang, pun dalam beberapa data yang trump kemukakan, itu banyak yang melenceng dari kondisi aslinya.

salah satu daerah yang trump curigai ada kecurangan tuh Fulton County, DI MANA..... trump 2023 ini dipenjara di sono juga lekkk sfkljaf

oke nyambung ke kasus yang gw baca di asumsi. Trump dituntun atas tindakan kecurangan pemilu bersama 18 orang lain dan terbukti melanggar hukum UU RICO (UU tentang tindak kejahatan terorganisir, termasuk kecurangan ballots/pemilu). atas kasus ini trump ditahan pada Kamis, 28 Agustus waktu Amerika Serikat setempat. 

Tapi lekkkkk....
namanya orang banyak duit ya ^_^ pengacara trump akhirnya nebus uang denda sebanyak 200rb dollar amerika, atau dalam rupiahnya sebanyak TIGA MILYAR LEKKKK.... itu otomatis mencabut hukuman penahanan trump setelah blio dipenjara selama 20 menit^_^ lamaan start cpu guekhh

terus udah deh abis tu trump mengklaim bahwa protesnya dia ke Brad pada 2021 merupakan salah satu bentuk tindakan nirkriminal, dan menyebutnya sebagai "hak untuk menentang pemilu".

:))))

ini rangkuman gw pas ngulang bgt dari ni topik:

istilah istilah dalam kasus trump 2 januari 

. dipenjara kamis 25-08 waktu setempat di Fulton County, negara bagian Georgia, tempat Brad menjabat pada saat mengurus pemilu.
. 2 januari 2021 trump menentang putusan pemilu bahwa dia kalah, dan nyuruh brad ngecek lagi terlebih di daerah Fulton.
. 4 januari besoknya, trump dan pengikutnya bareng2 ke capitol raya untuk demo protes putusan yang dianngap ga adil itu
. balik ke sekarang, trump dipenjara atas kasus pelanggaran melanggar UU RICO yang membahas mengenai tindak kriminal terorganisir (mencangkup tindak terorisme, jual beli narkoba, perdagangan orang, pencucian uang, dan penyalahgunaan pemilu dan hal hal yang melingkupinya)
. trump dipenjara 20 menit sebelum kuasa hukumnya membayar denda hukuman sebagai pengganti penahanan sebanyak 200ribu dollar atau 3 milyar rupiah.
. bentuk pemilu di amerika serikat gapake kertas yang dicoblos, tapi pake mesin semacam mesin anjungan tunai dan menurut gw itu lebih efisien. tapi kata yang pa gita wirjawan bilang, makin terdigitalisasi sebuah entitas publik, potensi bleak-nessnya makin lebar. 

Comments

Popular Posts