rangkuman berita yg w baca 14/08/23

-polusi udara jakarta karena industri, bisa pindah ke gas tapi lebih mahal dan beberapa sektor tuh emang gapunya akses, tapi sebenernya bisa diteken kalo emang gapunya kepentingan. tapi balik lagi ke yang donut economy yg afu pernah bilang ituu. bimbangnya antara mending lingkungan sehat atau ekonomi ga berjalan.
- konflik etnis di india yang nyerang komunitas muslim. gw gatau awalnya gimana tapi tadi pas gw baca karena ada kaitannya sama pakistan karena dulu mereka nyatu. pakistan jadi negara islam sedangkan india jadi negara hindu, tapi ada beberapa komunitas hindu di area pakistan yang gamau migrasi ke india dan begitujuga sebalkinya, ada komunitas muslim di india yang gamau pindah ke pakistan.
-undang undang cab yang dikeluarin pemerintah india di 2020 berisi kebijakan bahwa pemerintah bakal ngasih kewarganegaraan dari 3 negara tetangganya yaitu pakistan, afghanistan dan 1 lagi gatau gw lupa. semua imigran bakal dikasih kewarganegaraan tapi anehnya adalah kecuali muslim, jadi dari ketiga negara itu, kalo ada yg muslim, ga dikasi kewarganegaraan:) 
-dasarnya karena tradisi agamanya yg antagonis, hng apaya yg bersebarangannya tuh saling melukai gitu. umat hindu suka main gendang2 sementara itu di islam mengganggu, umat islam suka makan daging sapi sementara di hindu itu gaboleh makan sapi. 
- kerusuhan kalkuta tuh termasuk kerusuhan besar di india, tanggalnya 13 januari tahun 1964. pas itu ada barang keramat muslim yang hilang dan mereka curiga yang ambil tuh hinduist terus akhirnya mereke ngerokes ke perumahan hindu dan menewaskan 29 orang hindu.terus abis itu warga yang hindu juga melakukan balas dendam, berakhir menewaskan sekitar 100 warga muslim

Comments

Popular Posts