rang






oke gw rangkum

jadi hormon kortisol itu adalah hormon yang bekerja pada saat kita stress, maka dari itu dia sering disebut sebagai hormon stress. pada saat seseorang mengalami stress, kadar hormon kortisol yang dihasilkan kalenjar pituitari di otak itu meningkat, gunanya buat ngeluarin glukosa yang ada di hati untuk dijadiin energi dalam “menghadapi” si stress itu.

nah masalah terjadi klo individu tersebut stress terus terusan dan ga dibarengin sama aktivitas fisik. kortisol bakalan terus naik sedangkan itu glukosa yang dihasilin hati, jadinya gatau mau ditaro di mana lagi, akhirnya karena ga kepake, dia disimpen sebagai cadangan energi di lemak, terutama lemak perut (lemak subkutal).

nah karena pada saat itu tubuh udah ngeluarin glukosa dari hati, dan ngasih sinyal ke otak kalo pekerjaan “mengurus energi” sudah kelar, alhasil otak ngasi sinyal ke sistem pencernaan begini 

“udah lu pada, nanti makanan yang masuk ga usah dicerna terlalu banyak jadi energi ya, kan udah ada si glukosa tadi. jangan cepet cepet juga cernanya”

alhasil, saat kortisol naik, dan glukosa itu being “useless”, metabolisme juga jadi ikut melambat. DI MANAAA itu mengakibatkan “keborosan nutrient”, atau penjelasan lengkapnya adalah, sebagus apapun nutrisi yang masuk ke tubuh gw, kalo metabolismenya lambat, kemungkinan nutrisi nutrisi tersebut akan bernasib sebagai berikut:

  1. disimpan saja di tubuh jadi cadangan energi (lemak, glukosa)
  2. terbuanggggg ke toilet



Comments

Popular Posts