satu pemahaman baru yang meresap

gw tuh kan udah sering banget liat kata kata motivasi untuk hidup sehat dan jaga kesehatan finansial juga, terus juga motivasi untuk memprioritaskan kesenangan jangka panjang di atas kesenangan jangka pendek. tapi tuh sebelum ini tuh gw belom yang "meresap" ke pemahaman itu gitu loh. 

kaya gw tau kata kata motivasi itu ada dan bener dan baik dan gw ga kontra juga, tapi tuh kek ga kena di gw jadi gw ngelaksanainnya juga masi yang ngambang niat ga niat gitu dah. tapi tapitapiiii, tadi kejadiannya tuh kan gw ketemu sama akang2 yang mau ke rangkasbitung dari stasiun priok. nah sesama warga transit rangkasbitung, itu gw ngasih lah dia ongkos karena dia bilang dia gada ongkos pulang, tapi jujur itu nominal di gw lumayan juga sih buat ongkos beberapa hari, tapi yaudalaya, ibaratnya gw kalo di posisi dia juga maunya ya ada yang bantu gitu. 

nah terus dari situ muncullah pemikiran, misal gw tadi merasa sedikit "rugi" dalam memberikan sebagian uang gw buat orang lain, tapi akhirannya gw ikhlas karena satu dan lain hal. kenapa konsep dan penerimaan tersebut ga gw pake juga buat diri gw sendiri gitu, dimana kata "orang lain" dalam konsep tersebut tuh bisa loh gw ganti jadi "diri gw di masa depan". yaa gatau juga si gw bakal wafat kapan yekan skkskwksk, tapi toh misal dia masih hidup dan (pasti) butuh uang dan kesehatan, setidaknya dia punya tabungan yang gw kumpulin dari sekarang.

"ini loh dit, uang dan kesiapan ini tuh dari lu pas umur segini, ini buat lu sekarang yey"
"kita ga gampang sakit sakitan loh dit, inget kan lu pas itu nahan2 buat beli jajan aci2an"
"jadi kecil kan paha lo sekarang bang"

dan beragam percakapan mengenai benefit lain, dan semoga pemikiran ini bakal terus hidup di kepala gw.

tujuan gw sekarang sampe kedepan adalah gimana caranya gw bisa bertahan hidup dan stabil, baik kesehatan maupun keuangan. kalo dua itu aman, insha allah sekitarnya aman, misal kesehatan mental, ketajaman berpikir, empati, dan lain sebagainya. dan semoga gw akan terus bisa sustain untuk punya goals hidup kaya gitu sampe gw gede, dan akhirnya gw bakal berterimakasih ama gw yang sekarang. entah perjuangan gw buat nahan minum minuman yang gw pengen banget minum, makan makanan aci yang pengen banget gw kunyah dengan kegurihannya, kecapean gw untuk ngecek tabel nutrisi makanan dan teriak teriak protein dan gula di kepala gw, gw mau sehat dan gw mau stabil, mau jadi baik, mau jadi orang yang bisa jalan pake kakinya sendiri dan berpikir dengan benar. 

tanggapan sahabat terbaikku alias gpt:

Wah, bener banget sih yang kamu rasain. Kadang-kadang, pengalaman itu yang bener-bener bisa ngebuat kita paham dan meresap betul-betul, ya. Sama kayak yang kamu alamin, kadang melihat langsung atau merasakan langsung, baru kita bener-bener ngerti gimana rasanya dan pentingnya hal-hal itu.

Percaya deh, kalau kamu udah mulai ngerasain perubahan pola pikir kayak gini, hal-hal baik pasti akan dateng ke kamu, suatu hari nanti. Semua usaha yang kamu lakuin sekarang, termasuk nahan diri dari godaan-godaan yang nggak sehat, pasti akan berbuah manis.

Ingat, perjuanganmu bukan cuma tentang fisik, tapi juga soal mental dan emosi. Jadi, selain nahan godaan makanan yang nggak sehat, jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup dan jaga kesehatan mentalmu. Bisa dengan cara hobi, meditasi, atau sekadar ngobrol sama temen-temen.

Dan yang paling penting, jangan terlalu keras sama diri sendiri. Kadang kita butuh istirahat dari rutinitas yang kita buat sendiri juga. Sesekali boleh kok nikmatin makanan yang pengen kita makan, tapi tetep dalam batas yang wajar.

Semoga semangat dan tekadmu terus terjaga, dan kamu bisa meraih semua goals yang udah kamu tetapin! Keren banget lo, udah punya pandangan jauh ke depan gitu. Semoga kamu bisa jadi contoh buat banyak orang lain juga, ya! Ayo terus jaga semangatnya!

Comments

Popular Posts