kuis: Memahami Peran CPU, RAM, dan Hard Disk dalam Operasi Website

jadi kan kemaren gw sempet belajar tentang server dan hal hal yang melingkupinya, terus tadi gw tanya chatgpt, gw suruh bikin pertanyaan soal gitu biar gw lebih paham materinya gitu, jadi hir wi go
  • Bagaimana peran CPU, RAM, dan hard disk dalam menjalankan server, dan mengapa ketiganya diperlukan untuk kelancaran operasi website?
cpu atau nama lainnya prosesor, itu fungsinya tentu saja buat ngolah data, dia serupa otak pusatnya komputer gitu dah.

ram itu fungsinya buat nyimpen data sementara, dimana data data tersebut akan dan sedang diolah sama prosesor tadi, makin besar ramnya, makin cepet pengolahan datanya

hard disk itu fungsinya buat menyimpan data yang bakal dipake suatu saat sama komputer, fungsinya sama kaya flashdisk gitu dah. karena hard disk itu kerjanya ga seaktif cpu dan ram, dia itu diurusinnya sama si southbridge, sedangkan ram dan prosesor itu diurusinnya sama northbridge karena butuh kecepatan lebih tinggi
  • Apa yang bisa kita pelajari dari analogi "404 not found" dalam hubungannya dengan server dan bagaimana kita dapat memahami pentingnya pengelolaan data yang efisien?
404 itu berarti data yang dicari sama si user, itu ga ditemukan di server, antara webnya udah kadaluarsa, atau datanya udah kadaluarsa, atauga datanya menyalahi beberapa aturan sehingga gabisa ditampilin
  • Bagaimana proses pengaturan server oleh perangkat lunak seperti Apache mirip dengan peran seorang manajer dapur dalam restoran? Apa keuntungan dari menggunakan perangkat lunak semacam Apache dalam mengelola server web?
apache adalah sistem server software yang didirikan pada tahun 1995 dan memfasilitasi 33% web yang tengah berjalan di seluruh dunia. apache bantu mencarikan dan menampilkan file yang diminta oleh user suatu web. keuntungan jika menggunakan apache adalah dimana situs ini tuh open source jadi bisa digunain siapa aja dan dimana aja, terus juga gratis brow, dia juga bisa memfasilitasi hostingan kaya hostinger gitu, terus juga pengelolaaannya si katanya lebih mudah karena apa gitu gw ga ngerti tapi kata anak programer tuh pake apache enak
  • Bagaimana analogi antara waitress yang mengantarkan makanan dan koneksi internet yang cepat dapat digunakan untuk menjelaskan pentingnya kecepatan akses website dalam menjaga pengalaman pengguna yang optimal?
kecepatan akses internet yang tinggi sangat penting agar user merasa nyaman dalam memakai sebuah web atau mengeluarkansebuah perintah pada komputer. kecepatan internet disini disebut dengan bandwidth, semakin besar bandwidth maka semakin cepat internet berjalan dan user akan semakin cepat memperoleh informasi dan hal sejenis yang mereka butuhkan.
  • Bagaimana penggunaan web hosting dapat dijelaskan dengan analogi penyewaan "kamar" dari sebuah restoran? Mengapa pemilihan web hosting yang tepat penting untuk memastikan kinerja optimal dari sebuah website?
jadi kan tadii gw udah jelasin apache itu kaya kontrakan gedenya gitu kan, isinya macem macem data, sedangkan hostinger itu kaya petakan petakan kamar kecil yang kita bisa masuk dan nywa disitu gitu, dimana udah tersedia beberapa fasilitas kontrakan kaya upload, konfigurasi tampilan web, kecepatan dan animasi web, domainnya juga
  • Apa keuntungan dan kelemahan dari website dinamis dalam hal fleksibilitas dan pengelolaan konten dibandingkan dengan website statis? Bagaimana pemahaman ini dapat membantu pemilik website dalam memilih jenis website yang sesuai dengan kebutuhan mereka?
website dinamis itu kaya instagram, misal refresh timeline, itu yang kerefresh pasti timeline doang dan bukan button profile yang dibawahnya itu, sebagian aja, kelebihannya disini dia jadi lebihfleksibel dan update gitu ya, tapi kelemahannya yaitu, jadi lebih lambat karena dia kek lebih banyak gono gininya gitu loh, animasinya, maintenancenya, update kontennya, sama keamanannya lebih rentan karena dia tuh updateable tadi.

pemahaman mendasar tentang kelebihan dan kelemahan website dinamis dibandingkan dengan website statis itu adalah jika si pemilik website mau webnya tuh bisa diupdate dalam waktu tertentu maupun tidak tentu, dia bisa pake yang dinamis, tapi konsekuensinya waktu loadnya tuh bakal lebih lama, mungkin perlu disesuain aja sama elemen2nya yang ga terlalu diforsir kaya gambarnya jangan yang gede gede banget ukurannya, animasinya jangan yang lebay duar duar, yang sedang sedang saja~~~~

namun jika si pemilik website mau website yang ga perlu diupdate kaya misal dia mau bikin portofolio, nah itu bisa banget tuh pake web statis, kualitas gambarnya juga boleh banget ditajemin biar enak diliat mata
  • Bagaimana Anda bisa menggunakan analogi dapur restoran dan proses pengantaran makanan untuk menjelaskan konsep seperti load balancing dalam server web? Bagaimana konsep ini membantu dalam menjaga keseimbangan dan kinerja server secara keseluruhan?
wadoh gw takut gabisa. ya intinya proses loading itu kecepatannya bergantung sama seberapa bagus cpunya, seberapa besar ramnya untuk nyimpen data sementara, seberapa lancar kabel ethernetnya, seberapa cepet koneksi internetnya, dan webnya cepet ga kebanyakan animasi. elemen elemen tersebut mempengaruhi seberapa lama sebuah web atau webpage bakal ngeload.
  • Bagaimana analogi proses pesanan makanan dengan protokol internet, seperti HTTP, dapat membantu pembaca memahami bagaimana data dikirim dan diterima melalui internet? Apa implikasi dari analogi ini terhadap keamanan dan privasi data pengguna?
wanjer ini gw nanya sama mbah gpt karena gw belom tau kalo http tuh rawan bener ya.

jadi kalo user make http buat jadi protokol dalam berinternet, itu si http tuh ga ngelakuin yang namanya enkripsi ke data data yang dimasukkin sama si user, kaya password, nomor hp dan data penting lain, jadi ini bakal rawan banget buat hacker tuh nyolong data itu

solusi dari bahaya ini adalah kita dianjurkan ubah http ke https, karena di https itu ada satu tools enkripsi buat ngacak informasi awal, gunanya biar lebih aman dan gabisa dilacak hacker, nanti dia pas sampe ke tujuan bakal balik lagi ke info awal.
  • Apa yang dapat kita pelajari dari analogi peran seorang chef dalam memproses makanan dengan peran prosesor dalam mengolah data di server? Bagaimana kecepatan dan keandalan prosesor berdampak pada kinerja keseluruhan server web?
prosesor bantu ngolah data yang ada di server buat nanti ditampilin dengan rapi dan siap ditampilin ke user. makin cepet si prosesor mengelola data data ini dengan benar, maka makin cepat pula presentasi file file itu ke user.
  • Bagaimana Anda bisa menggunakan analogi antara meja pelanggan dengan alamat IP untuk menjelaskan cara kerja routing dan alamat IP dalam pengiriman data melalui internet? Bagaimana pengertian ini memengaruhi efisiensi dan kecepatan pengiriman data dalam jaringan?
alamat ip itu kaya alamat rumah yang unik di tiap komputer user. routing adalah kinerja router dalam mengatur lalu lintas transmisi data pada jaringan internet. dimana pada proses routing ini, router mengidentifikasi mana mana aja user tujuan yang bakal dikasih hasil data olahan ini dengan melihat ip addressnya masing masing

Comments

Popular Posts