perhitungan uang dan manfaat yang gw rasa

alasan pertama banget gw mau tau gimana uang gw mengalir dan kemana aja tuh tentu aja dari keresahan gw mengenai kenapa uang gw tuh cepet banget abisnya terus tuh kek ko gw kerja udah lama tapi kaya ga ada hasil yach.... pas pertama pertama banget tuh gw cuma ngitung asal asalan di amplop si uangnya itu, tapi kek... amplop itu kan tiap hari di taro di tas gw yang tiap hari tuh pasti kegeser geser gitu, alhasil si catetan uangnya itu kek rusak atauga hilang gitu dah

dan gejala gejala uang gaib itu juga masih sering terjadi walau ga sebrutal kemaren kemarennya, tapi tetep gw merasakan dampak dimana gw seakan ga pernah ngonsumsi uang itu tapi ko dia abis gitu ya.... terus kan ada pernah pepatah yang bilang kalo gitu tuh aritnya kerjaannya ga halal :DDD tapi men gw ga percaya klaim tanpa bukti itu kek apa dah parameternya sampe mana sebuah pekerjaan dapat dikatakan halal dan non halal, terus kalo ditengah tengah gimana, apakah tingkat kegaiban uangnya akan intermediate

demi menguji keabsahan bullshitisitas klaim uang non halal tersebut, gw meneguhkan diri untuk bikin kalkulkasi harian pake spreadsheet, dan bener bener tiap pengeluaran gw bakal gw catet dan total disitu beserta seluruh "harta" yang gw punya. jadi sehari tuh gw bisa tau gwngabisin berapa aja, buat apa aja, dan duit gw sampe hari itu ada berapa, tapi gw masih kurang tau si tingkat efektifitas pengolahan duit dan pencatatan pengeluaran itu beda berapa rupiah pemborosannya dari penghitungan awal awal pas gw sadar akan ini gitu

tapi yang gw rasain adalah mungkin ya ini mungkin.... kayanya pengeluaran gw jadi bisa lebih terkendali dan gw jadi ga terlalu jajan semabrangan gitu. kek yang pertama banget gw menghabiskan duit sehari tuh bisa abis 50ribu, sekarang kekk pas gw sadar gw menghabiskan 40an ribu, itu gw langsung merenung, ternyata gw jajan sebanyak itu padahal ga perlu perlu banget dan uang segede itu bisa dibeliin barang yang lebih bermanfaat

terus jadinya ya gw sesederhana jadi lebih tau aja si gw sehari hari udah ngonsumsi apa aja, penting juga kan buat pola makan gw, terus gw ngelurarin berapa banyak uang buat barang non perlu, dan kira kira di bulan ini duit gw estimasi ada berapa, itu kaya jadi lebih keliatan jelas gitu dan gw jadi lebih apaya, indigo? wkskfjksf. gw tau bulan ini gw bakal cosplay jadi gembel agar gw di akhir bulan bisa punya segini, tapi klo gw ga terlalu mau jadi gembel dengan menambahkan sedikit saja budget jajan harian gw, maka gw di akhir bulan bakal punya sisa duit yang tentu saja lebih sedikit dan itu bisa opsional tergantung gimana rencana dan keputusan gw nya

sekian makasih semoga diri ini bisa bijaksana

Comments

Popular Posts